Kamis, 05 Oktober 2023

Peta Jalan Indonesia Emas 2045

Indonesia Emas 2045 merupakan tujuan kolektif bagi masyarakat Indonesia. Aspirasi Indonesia Emas 2045 adalah Indonesia yang makmur, bertumbuh secara berkelanjutan, dan inklusif.

Negara kita memiliki banyak aset yang dapat mendorong Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi. Namun, ada berbagai tantangan yang terus menghalangi Indonesia untuk tumbuh dengan sehat dan berkelanjutan. Oleh karena itu, selain menyusun visi dan aspirasi yang memberikan inspirasi bagi masyarakat Indonesia, Indonesia juga memerlukan peta jalan strategis jangka panjang, yang berlandaskan pada sejumlah proyek terobosan yang akan menjadi katalisator pertumbuhan yang berkelanjutan.


Seluruh anggota KADIN telah berkolaborasi dalam penyusunan buku putih, “Membangun Masa Depan Indonesia, Mulai Hari Ini”, untuk membantu pemerintah Indonesia menapaki perjalanannya menuju Indonesia Emas 2045. Kami telah melibatkan lebih dari 60 pemangku kepentingan dalam penyusunan buku putih ini, mulai dari asosiasi sektor industri, akademisi, serikat pekerja, pemuka agama, hingga para pelaku industri.


Bersama-sama, kami membahas tujuan, mengungkap setiap tantangan, dan mengidentifikasi program-program terobosan yang dapat membuka potensi di setiap elemen di Indonesia 2045. Melalui lebih dari 50 diskusi kolektif, kami berharap buku putih ini dapat memberi kontribusi bagi rencana pembangunan Indonesia secara keseluruhan.


Indonesia berupaya menjadi salah satu dari 10 negara dengan perekonomian teratas di 2045 dan keluar dari ‘negara berpenghasilan menengah’ di 2038. Indonesia Emas 2045 menggambarkan negara yang dibangun dengan empat pilar utama yaitu resiliensi, kemakmuran, inklusivitas, dan keberlanjutan, yang kemudian akan menjadi pedoman dalam perjalanan kita menyongsong masa depan yang lebih baik. Visi ini berlandaskan pada filosofi “Gotong Royong” yang menekankan semangat kolaborasi dan kerja sama demi kebaikan bersama. Kami terus menjunjung prinsip “Bhinneka Tunggal Ika” yaitu kebersamaan dalam keberagaman. Meski perjalanan ini akan sulit dan menantang, namun kami percaya bahwa prinsip ini akan menjadi pedoman untuk bersama-sama memajukan negeri yang kita cintai ini.



M. Arsjad Rasjid P. M.

Chairman, Indonesian Chamber of Commerce and Industry (KADIN Indonesia) 

Unduh PDF untuk membaca lebih lanjut : Peta Jalan Indonesia Emas 2045


Powered by sagara 2022